H. WFM. Nasution Kembali Pimpin Apindo Babel

0
  • Pariwisata Pilihan Tepat

PANGKALPINANG, KADINBABEL — Ketua umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPN APINDO), Hariyadi B Sukamdani menandaskan Kepulauan Bangka Belitung harus segera berbenah dan melakukan transformasi dari pertambangan ke pariwisata secepatnya.

“Potensi alam dan budaya Kepulauan  sangat menjanjikan. Dan lokasinya hanya 50 menit dari Jakarta. Sumber daya alam timah tidak bisa diharapkan selamanya. Pariwisata menjadi pilihan tepat dan sebuah keniscayaan,” kata Hariyadi saat  menghadiri Musyawarah Provinsi (Musprov) ke-II Apindo Babel di Ballroom hotel Bumi Asih Pangkalpinang, Sabtu, (30/4/2016).

Ia melanjutkan, “Saya berkeliling Indonesia dan menjumpai di mana-mana pantai-pantainya indah. Jadi tempat indah saja tidak cukup. Perlu pengemasan yang lebih baik sehingga menarik wisatawan.”

Kondisi perekonomian Indonesia saat ini, kata Hariyadi, sangat dilematis. Karena itu dia mengajak para pengusaha untuk bersinergi, menumbuhkan kebersamaan dalam menjalankan perusahaan yang sehat.

“Sekarang situasi ekonomi tidak kondusif dan berada di persimpangan. Tantangan kita kedepan pun makin sulit. Maka dibutuhkan kerjasama yang baik. Ayo pengusaha dan pekerja dan serikat pekerja bekerjasamalah. Tidak baik mementingkan ego sektoral masing-masing,” harap Hariyadi berpesan agar penetapan upah regional mempertimbangkan para investor.

Hariyadi menyampaikan keprihatinannya atas kompetisi yang terjadi dengan Vietnam. Indonesia dengan industri sawit dan CPO yang memanfaatkan lahan yang sangat luas dinilai kian tertinggal dengan negara tetangga seperti Vietnam, yang mana dulunya Vietnam masih jauh di bawah Indonesia.

“Produktivitas kita menurun dalam hal bidang tekstil, cpo, dan sebagainya. Dalam bidang CPO kita hanya setengahnya Vietnam. Perlu semua pihak serius dan fokus pada industri padat karya,” tandas Hariyadi.

UMP Tertinggi di Sumatra

Sementara itu, Ketua Apindo Babel H. WFM. Nasution, menyatakan sinergi Apindo, SPSI, BBJS Ketenagakerjaan, BBJS Kesehatan, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi sangat baik.

Apindo sebagai organisasi yang menaungi para pengusaha sangat  membela kepentingan pengusaha. “Organisasi ini membela kepentingan pengusaha. Menyadari perekonomian yang  ‘sempoyongan’, semua pihak  diminta introspeksi.

“UMP Babel tetap merupakan upah tertinggi di Sumatera. UMP tinggi memicu terjadinya PHK. Kita perlu kembali duduk bersama,” harap Nasution.

Selain Ketum DPN Apindo Hariyadi B. Sukamdani, Musprov dihadiri Eko Budi Santoso, WKU Bidang Organisasi dan Pemberdayaan Daerah DPN Apindo, Ketua Apindo Jawa Barat Gunawan, Ketua Umum KADIN Babel  Ir Thomas Jusman, MM, Gubernur Babel diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Didik Suprapto, Ketua KSPSI Babel Darusman Aswan, serta unsur Forkominda Babel dan tamu undangan lainnya.

Musprov II Apindo Babel akhirnya memilih kembali H. WFM. Nasution secara aklamasi. Para pemilik suara masih menganggap ketua lama tersebut layak diberi ke sempatan untuk dua periode dengan masa bakti 2016-2021.

Ketua Umum Apindo Hariyadi  mengukuhkan oleh H. WFM. Nasution sebagai Ketua Apindo Babel. (ar)

Share.

About Author

Avatar

Leave A Reply