SAMBUTAN KETUA UMUM KADIN PROV KEPULAUAN BANGKA BELITUNG IR THOMAS JUSMAN MM PADA PEMBUKAAN GALERI UMKM UMAH KITE PANGKALPINANG, 3 MARET 2016

SAMBUTAN
KETUA UMUM KADIN PROV KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
IR THOMAS JUSMAN MM
PADA PEMBUKAAN GALERI UMKM UMAH KITE
PANGKALPINANG, 3 MARET 2016

Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sejahtera bagi Kita Semua
Nammo Buddhaya
Wie De Dong Tian
Om Swastyastu

SALAM KADIN BABEL BERGEMA! Bersama, Bersatu Bergerak Maju!
Bapak Gubernur dan Para Undangan yang berbahagia. Puji dan syukur kita haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah menganugerahkan kesehatan yang prima sehingga kita semua diperkenankan berkumpul di tempat yang sangat bermakna ini yaitu Galeri UMKM UMAH KITE.

Apresiasi yang tinggi kita sampaikan kepada Tokoh-tokoh Entrepenuer muda yang berperan menjadi solusi bagi negeri. Sore hari ini kita menyaksikan pengusaha-pengusaha muda yang memberikan jawaban kegelisahan bangsa.
Kita mengenal galeri merupakan ruang pamer produk-produk seni. Namun pada sore hari ini kita melihat galeri yang multifungsi. Galeri UMKM UMAH KITE memiliki karakteristik yang berbeda.

KADIN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi konsep galeri para pengusaha muda ini karena Galeri UMAH KITE memadukan berbagai dimensi peran yakni Ruang Pamer, Media Edukasi Seni, bahkan menjadi tempat promosi dan transaksi ekonomi.

Secara filosofis, karya seni merupakan seni yang dinikmati dengan penginderaan mata atau biasa disebut dengan istilah visual arts. Karya seni UMKM merupakan perjalanan estetik dengan media seni, warna, tekstur, volume dan ruang. Karya seni tersebut antara lain seni lukis, seni patung, seni batik, seni dekorasi dan seni kerajinan.

Para pecinta seni, baik seniman maupun penikmat seni memerlukan ruang komunikasi. Pada titik inilah galeri UMKM UMAH KITE ini memerankan dirinya. Galeri menjawab kegelisahan seniman dan perajin. Keberadaan Galeri Seni UMKM dapat membantu dan memberikan informasi seni rupa pada masyarakat .

Galeri juga berperan sebagai pemicu perkembangan dunia seni. Galeri mempertemukan seniman, karya seniman dengan masyarakat. Keberadaan galeri dapat meningkatkan apresiasi masyarakat akan dunia seni agar semakin menghargai seni.
Galeri seni UMKM tidak mutlak hanya sebagai tempat pameran atau bahkan penjualan karya seni rupa tetapi juga memiliki fungsi yang kompleks, diantaranya untuk menggarap, memelihara, menghidupkan, dan menyebarluaskan seni rupa dan karya-karya dari para seniman serta perajin. Eksistensi Galeri UMKM ini akan memotivasi warga masyarakat untuk aktif berkreasi, berkreativitas dan menghasilkan karya-karya yang bernilai seni sekaligus bernilai ekonomi tinggi.

UMKM TAHAN BANTING

Selain memberikan apresiasi terhadap Peran Galeri UMKM RUMAH KITE dari sisi Galeri Seni Bernilai Ekonomi, kita coba melihat flash back di tahun 1997/1998; betapa kokoh dan hebatnya UMKM dalam menghadapi guncangan ekonomi yang sangat dahsyat di masa transisi reformasi itu.

Tatkala usaha berskala besar tidak mampu bertahan mengahadapi derasnya terpaan krisis moneter, dan pada waktu itu banyak perusahaan mengalami kebangkrutan atau pailit, UMKM cenderung bertahan, bahkan kian bertambah dan bahkan sektor UMKM justru menopang perekonomian di Indonesia.

Melalui sektor UMKM semua aspek yang berkaitan dengan pola kehidupan manusia bersumber, mulai dari sektor konsumsi, pangan, dan papan, banyak sekali usaha-usaha UMKM yang berperan aktif, seperti usaha pengolahan hasil pertanian, gabah, produksi pangan dan lain sebagainya.

Saat krisis global UMKM hadir sebagai suatu solusi dari sistem perekonomian yang sehat. UMKM merupakan salah satu sektor industri yang sedikit bahkan tidak sama sekali terkena dampak krisis global yang melanda dunia. Hal itu menjadi bukti betapa besar peran UMKM tahan banting dalam perekonomian Indonesia.

UMKM juga selalu diperhitungkan dalam meningkatkan kekompetisi pasar dan stabilisasi sistem ekonomi yang ada. Dalam ekonomi makro salah satu yang menjadi pokok permasalahan adalah pengangguran, pendapatan nasional atau pertumbuhan ekonomi.

UMKM telah terbukti memainkan perannya dengan sangat baik, diantaranya dalam mengurangi pengangguran. UMKM berperan aktif menyerap tenaga kerja, yang secara tidak langsung mengurangi tingkat pengangguran di Babel maupun di indonesia. Demikian juga pendapatan daerah dan nasional sangat ditopang oleh UMKM melalui pajak-pajaknya.

Terhadap pentingnya UMKM dalam melakukan penguatan ekonomi, KADIN BABEL berpendapat seyogyanya pemerintah turut memecahkan tiga hal masalah klasik yang kerap kali menerpa UMKM, yakni akses pasar, modal, dan teknologi yang selama ini kerap menjadi pembicaraan di seminar atau konferensi.

Secara keseluruhan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengembangan terhadap unit usaha UMKM, antara lain kondisi kerja, promosi usaha baru, akses informasi, akses pembiayaan, akses pasar, peningkatan kualitas produk dan SDM, ketersediaan layanan pengembangan usaha, pengembangan cluster, jaringan bisnis, dan kompetisi.

Galeri UMKM Rumah Kite telah berkontribusi memerankan berbagai sinergi seperti promosi dan pemasaran serta sekaligus menjalin jaringan bisnis. Maka sudah sewajarnya pemerintah mendorong penyaluran kredit perbankan kepada UMKM. Berbagai skim Kredit/pembiayaan UMKM diluncurkan oleh pemerintah dikaitkan dengan tugas dan program pembangunan ekonomi pada sektor-sektor usaha tertentu, misalnya ketahanan pangan, perternakan dan perkebunan.

PENUTUP

Bapak Gubernur dan Hadirin yang berbahagia. Sekali lagi KADIN BABEL memberikan apresiasi terhadap kehadiran Galeri UMKM UMAH KITE yang signifikan di tengah perekonomian Kepulauan Bangka Belitung yang sedang mengalami cobaan ini. Galeri UMKM UMAH Kite ini merupakan wujud nyata dari visi misi KADIN BABEL yang mencanangkan penguatan lima pilar ekonomi yakni Pariwisata, Industri Kreatif, Kemaritiman. Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Perkebunan serta Perdagangan dan Jasa.

Galeri UMKM UMAH KITE telah melaksanakan paduan dari pariwisata, industri kreatif bahkan perdagangan dan jasa. Selain itu galeri ini tidak hanya berperan sebagai infrastruktur dalam apresiasi terhadap dunia seni. Galeri UMKM telah berperan memberikan edukasi kultural terhadap masyarakat luas.

Sekali lagi KADIN BABEL menyampaikan Selamat dan Sukses. Kita semua berharap Galeri UMKM UMAH KITE ini semakin berkembang, semakin kokoh dalam bersinergi dengan UMKM sehingga perekonomian Pangkalpinang dan Babel semakin kuat dan jaya.

Sekian dan Terima-kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Xian you yi de
Om Santi, Santi, Santi, Om

Pangkalpinang, 3 Maret 2016
Ketua Umum Kadin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Ir Thomas Jusman MM