BUTIR-BUTIR PERNYATAAN KETUA UMUM KADIN (KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG PADA BANGKA POS GROUP MASS MEDIA VISIT SELASA, 22 MARET 2016

BUTIR-BUTIR PERNYATAAN KETUA UMUM KADIN

(KAMAR DAGANG DAN INDUSTRI)

PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

PADA BANGKA POS GROUP MASS MEDIA VISIT

SELASA, 22 MARET 2016

  1. KADIN BABEL mengucapkan “Selamat menyongsong hari jadi ke 17 BANGKA POS yang terbit perdana pada 25 Mei 2016. Tagline Yo Kite Punye Provinsi menjadi sejaràh betapa BANGKA POS turut berkontribusi besar dalam melahirkan provinsi. Untuk itu  KADIN BABEL berharap, semoga BANGKA POS GROUP senantiasa turut menjaga provinsi khususnya dalam rangka membangkitkan kembali roh perjuangan pembentukan provinsi yakni memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Negeri Serumpun Sebalai.
  2. Selama 17 tahun BANGKA POS GROUP telah menginform, mengeducate, membentuk opini positif dàn memberikan pencerahan kepada masyarakat Negeri Laskar Pelangi. 
  3. KADIN BABEL berharap peran-peran positif itu terus dilakukan oleh BANGKA POS GROUP dan  melalui agenda settingnya bisa semakin memandu BABEL ke arah yang semakin bènar dan semakin tepat.
  4. Silaturahmi KADIN BABEL ke BANGKA POS GROUP dimaksudkan sebagai pèrkenalan instutusi dan pengurusnya serta dimaksudkan untuk menyampaikan eksistensi,  visi dan misi serta arah strategi KADIN BABEL.

VISI

Menjadikan KADIN sebagai pilihan pertama dan utama dalam mewakili suara dan kepentingan dunia usaha beserta seluruh stakeholders-nya, berkaitan dengan pembuatan dan implementasi kebijakan ekonomi khususnya di Kepulauan Bangka Belitung.

 

MISI

  • Struktur dan komposisi organisasi KADIN yang kuat di Provinsi, Kota dan Kabupaten sehingga menjadi mitra yang strategis dan efektif bagi pemerintah dan dunia usaha.
  • Reputasi dan kemandirian KADIN yang ternama sebagai sebuah organisasi dunia usaha dari segala aspek: institusi, keuangan, kepemimpinan, pelayanan masyarakat, dukungan politik, dan kerja sama internasional.
  • Anggota, stakeholders, sumber daya, dan pembiayaan yang bergerak seirama dan bersama untuk mempercepat program reindustrialisasi perekonomian daerah, melahirkan local champion yang berpotensi menjadi global citizen.
  • Kerjasama dengan komunitas bisnis  yang paling relevan dan strategis dalam program reindustrialisasi perekonomian daerah.
  • KADIN bersama serikat pekerja dan dunia pendidikan menciptakan sebanyak-banyaknya “tenaga siap pakai” dengan kualifikasi internasional dalam menghadapi MEA.
  • KADIN bersama pengusaha kreatif menciptakan sebanyak-banyaknya “inovasi dan teknologi siap pakai”
  • Sumber pendanaan dalam negeri dalam skala massif, berjangka panjang, dan signifikan dalam membangun industri di sektor-sektor yang paling strategis (pangan, perumahan, infrastruktur, energi, dsb).

 

EKSISTENSI: KADIN menaungi 175 himpunan/asosiasi pengusaha. Di Babel tergabung 10 organisasi.

 

ARAH STRATEGI KADIN BABEL

SELAIN melaksanakan Visi Misi tersebut KADIN BABEL MENDORONG; “Seraya tetap melaksanakan good mining practice terhadap pertimahan, mengajak semua stakeholder serius melakukan   penguatan atas lima pilar ekonomi Babel yaitu

  1. PARIWISATA,
  2. EKONOMI/INDUSTRI KREATIF,
  3. PERTANIAN-PERKEBUNAN,
  4. KEMARITIMAN/KELAUTAN-PERIKANAN
  5. PERDAGANGAN-JASA

Serta Didukung oleh PILAR EKONOMI LAINNYA

 

KADIN BABEL terus mendorong dan melakukan rethinking, repositioning dan rebranding atas Negeri Laskar Pelangi, Bumi Serumpun Sebalai agar tidak hanya branding timah saja yang sering terkesan negatif.
BERGEMA

Arah Strategis itu hanya efektif manakala digaungkan dengan spirit BERGEMA, Bersama, Bersatu Bergerak Maju!

  1. KADIN BABEL selama 6 bulan berjalan ini, sedang bangkit dari matisurinya dan memainkan perannyà untuk senantiasa hadir dalam setiap peristiwa ekonomi maupun sosial.7. KEHADIRAN KADIN BABEL dalam Berbagai Peristiwa Ekonomi:
  2. Bersinergi dan Mendorong BPS àgar berhasil melaksanakan Sensus Ekonomi Mei 2016.b. Bersinergi dengan BNN BABEL melalui Gerakan Perusahaan di Babel BERSIH dari Penyalahgunaan Narkoba.c. Mendorong dunia wisata Babel agar membuat destinasi wisata/event iconic di tiap daerah per bulan per daerah sehingga Babel memiliki annual calender event.

    d. Bersinergi dan mendorong promosi secara integratif ke pasar terdekat seperti Jakarta, Palembang, Jambi, Batam jauh hari sebelum event digelar agar memberikan multi effek pada semua pelaku pariwisata

  3. Bersinergi dengan KADIN INDONESIA mendorong terciptanya entrepeneur muda di Babel dengan mèmbantu UMKM dan mencarikan serta mempertemukan dengan investor sebagai contohnya Program PALAPA, bantuan Rp 50 juta untuk UMKM.

f. Bersinergi dengan Perguruan Tinggi dalàm penguatan sumber daya manusia, inkubator bisnis serta agenda bersama untuk penguatan ekonomi dan bisnis di Babel.

  • Bersinergi dengan berbagai sumber-sumber informasi, pengetahuan yang membuka wawasan dan inspirasi bagi para pengusaha BABEL dengan melaunch kadinbabel.or.id melalui program ICT dan Penyiaran.

 

 

  1. Kehadiran KADIN BABEL dalam peristiwa sosial;

KADIN BABEL juga hadir dalam peristiwa sosial seperti musibah banjir dengan menghimpun dana pengusaha dan Djarum Foundation sebesar 350 – 400 jutaan.

a. Bantuan Tanggap Dàrurat sudah diserahkan  bersama DPD KADIN BABEL PEDULI dan Bantuan Pasca Banjir maupun penyerahan langsung oleh TIM KADIN BABEL PEDULI.

b. Bantuan  ikonik  RENOVASI AL IKHLAS sinergi KADIN BABEL – REI BABEL – DJÀRUM FOUNDATION

  1. Kegiatan KADIN BABEL yang lebih long term adalah merancang FORUM SINERGITAS STAKE HOLDER yang akan merumuskan GRAND ROADMAP BABEL, Garis-garis Besar Haluan bagi KEPULAUAN BANGKA BELITUNG.Demikian pengantar kami dalam rangka silaturahmi dengan KELUARGA BESAR BANGKA POS. Kita berharap KADIN BABEL dan Media Massa, KHUSUSNYA BANGKA POS GROUP bisa bergandeng tangan, bersama-sama memainkan peran sinergik yakni; mengubah mindset stakeholder BABEL agar melandaskan diri pada arah strategi ekonomi yang tepat demi kejayaan BABEL.

 

Pangkalpinang, 22 Maret 2016

KADIN PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

 

IR THOMAS JUSMAN MM

KETUA UMUM

Salam KADIN BERGEMA!